INFO
29-Jul-2021
  • | saat ini kegiatan belajar siswa MAN 1 Way Kanan dilaksanakan secara online atau daring menggunakan E Learning|
  • | Selamat Datang Di Website MAN 1 Way Kanan|
  • | PTS dan PAS MAN 1 Way Kanan Gunakan CBT Elearning|
3
Des 2020
0
MAN 1 Way Kanan Ikuti Sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka dan Sosialisasi AKSI dan AKM

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) gencar  melakukan sosialisasi SKB Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19 ke pemerintah daerah dan juga masyarakat.

Dalam pengumuman SKB yang disampaikan, pemerintah pusat memberikan penguatan peran pemerintah daerah/kantor wilayah (kanwil)/ kantor Kementerian Agama (Kemenag) sebagai pihak yang paling mengetahui dan memahami kondisi, kebutuhan, dan kapasitas daerahnya dalam menentukan izin pembelajaran tatap muka tersebut berlaku mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 pada bulan Januari 2021.

Pembelajaran tatap muka, harus dilakukan dengan izin berjenjang. Mulai dari pemerintah daerah/kanwil/kantor Kemenag, dan tetap dilanjutkan dengan izin berjenjang dari satuan pendidikan dan orang tua. Pembelajaran tatap muka diperbolehkan namun tidak diwajibkan. Peta zona risiko dan satuan tugas penanganan COVID-19 nasional tidak lagi menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka.

Dalam upaya untuk menyiapkan diri menghadapi AKM dan AKSI, MAN 1 Way Kanan Mengikuti kegiatan Sosialisasi AKSI dan AKM. Kedua program tersebut merupakan program yang sering digaungkan oleh Kemenag dan Kemendikbud dalam upaya untuk memotret kemampuan siswa dan madrasah. AKSI (Aksesmen Kompetensi Siswa Indonesia) merupakan program dari Kemenag, sedangkan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) merupakan program dari kemendikbud.

Madrasah yang berada di bawah kemendikbud mulai bersiap menghadapi AKSI. AKSI merupakan asesmen untuk menilai siswa dalam kelas sehingga dapat disebut juga dengan AKM kelas. Dalam wacananya, AKSI dilaksanakan pada tahun 2020 dan dimulai dari kelas 11 dengan harapan pada jenjang kelas 11 madrasah mempunyai kesempatan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan untuk menghadapi AKM di kelas 12.

Berbeda dengan AKM yang meliputi asesmen literasi membaca dan numerik, Asesmen AKSI berupa literasi membaca, numerik, dan literasi sosial budaya. Pesan kuatnya yaitu melalui asesmen ini kita semua didorong untuk membangun kultur budaya belajar yang dapat menumbuhkan karakter berpikir kritis, literasi, dan memecahkan masalah. Dimana setiap bidang pelajaran harus mampu menumbuhkan karakter 3M (menelisik, menalar, menentukan).

Alamat

Man 1 Way Kanan

NPSN : 10816390

Jl. K.H Abdul Syukur Banjar Negara
KEC. Baradatu
KAB. Way Kanan
PROV. Lampung
KODE POS 34761

Video Terbaru

Maps Sekolah